Rencana pembelajaran akan lebih efektif apabila dilakukan bersama teman sejawat. |
Baca juga: Langkah-langkah Menyusun RPP Kurikulum 2013
Tujuan planning pembelajaran yaitu penguasaan prinsip-prinsip fundamental, berbagi perilaku yang nyata terhadap aktivitas pembelajaran, meneliti dan menemukan pemecahan persoalan pembelajaran. Secara ideal tujuan perencanaan pembelajaran yaitu menguasai sepenuhnya materi dan materi ajar, metode dan penggunaan alat dan perlengkapan pembelajaran, memberikan kurikulum atas dasar bahasan dan mengelola alokasi waktu yang tersedia dan membelajarkan siswa sesuai yang diprogramkan (Sagala 2003).
Rencana pembelajaran akan lebih efektif apabila dilakukan bersama teman sejawat. Rencana pembelajaran yang dilakukan bersama memiliki banyak manfaat antara lain:
- Wadah peningkatan konpetensi sosial guru
- Tempat sharing pengetahuan antar teman sejawat
- Ajang ide teman sejawat yang bersumber dari ide metode pembelajaran yang diangkat dari kegiatan
- Sarana peningkatan kompetensi dasar guru mulai dari kemampuan mendengarkan, linguistik lantaran dalam lembaga perencanaan ada unsur memberi saran, bertanya dan memberi masukan kepada pelaksana proses pembelajaran dan mengembangan kemampuan motorik guru.
- Tempat untuk meningkatkan abjad guru, mulai abjad saling menghargai, toleransi dan bersahabat
- Sebagai bukti kerukunan dan loyatitas terhadap lembaga.
Rencana pembelajaran selain memberi manfaat untuk guru yang berpartisipasi juga sangat bermanfaat untuk keberhasilan proses pembelajaran, antara lain:
- Sarana untuk memprediksi seberapa besar keberhasilan yang akan dicapai dalam pembelajaran
- Sebagai alat untuk memecahkan masalah. Dengan perencanaan yang matang, maka segala kemungkinan dan persoalan yang akan timbul sanggup diantisipasi s
- Memanfaatkan aneka macam sumber mencar ilmu secara tepat. Dengan perencanaan yang tepat, maka guru sanggup memilih sumber-sumber mencar ilmu yang dianggap sempurna untuk mempelajari suatu materi pembelajaran
- Membuat pembelajaran berlangsung secara sistematis yang mengantarkan mencapai tujuan pembelajaran.
*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, Guru SD Muhammadiyah 9 Malang
Advertisement