'/> Tak Semua Guru Bersertifikat Akan Sanggup Tunjangan

Info Populer 2022

Tak Semua Guru Bersertifikat Akan Sanggup Tunjangan

Tak Semua Guru Bersertifikat Akan Sanggup Tunjangan
Tak Semua Guru Bersertifikat Akan Sanggup Tunjangan
Tidak semua guru yang bersertifikasi akan mendapatkan donasi profesi. Guru harus dinilai berdasarkan dengan kinerja.
Tunjangan profesi guru (TPG) dinilai kurang efektif untuk meningkatkan mutu guru. Pemberian donasi yang nilainya satu kali honor pokok itu tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas tenaga pendidik.

"Tahun 2007 itu diberi donasi profesi harapannya semoga kualitas jadi bagus. Ternyata ya nggak mutu-mutu," kata Muhadjir yang kutip dari Jawa Pos (03/02/17).

Saat ini dari total jumlah guru yang mencapai 733 ribu ada sekitar 66 persen guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi. Itu artinya, ada sekitar 483.780 pendidik yang mendapatkan donasi dibayarkan per triwulan ini.

Ketika pemerintah mencanangkan jadwal donasi profesi guru pada 10 tahun lalu, tidak terlampau repot untuk urusan pembayaran donasi guru. Karena hanya ada sedikit guru yang berhak mendapatkan tunjangan.

Namun, untuk dikala ini kondisinya sudah berbeda. Sekarang, berdasarkan Muhadjir, sudah ada sekitar 66 persen guru yang berhak mendapatkan donasi profesi. Sehingga negara harus mengeluarkan dana sekitar Rp 64 triliun.

"Waktu 2007, negara nggak repot sebab hanya ada sekian persen guru yang mendapatkan tunjangan. Negara perlu mengalokasikan Rp 7 triliun. Sekarang ada Rp 64 triliun yang harus dialokasikan," tegas Muhadjir.

Maka dari itu, tahun depan tidak semua guru yang bersertifikasi akan mendapatkan donasi profesi. Muhadjir mengeluarkan kebijakan bahwa guru harus dinilai berdasarkan dengan kinerja. Sehingga lebih obyektif dalam hal penilaian.

"Jadi nggak mesti yang punya akta profesi mendapatkan tunjangan. Ada seleksi lebih ketat. Makanya harus benar-benar meningkatkan kinerja," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.
Advertisement

Iklan Sidebar