'/> Pencairan Derma Profesi Guru Triwulan I Tahun 2019

Info Populer 2022

Pencairan Derma Profesi Guru Triwulan I Tahun 2019

Pencairan Derma Profesi Guru Triwulan I Tahun 2019
Pencairan Derma Profesi Guru Triwulan I Tahun 2019
Pembayaran pertolongan profesi Guru triwulan I paling lambat dibayarkan antara tanggal 9 hingga 16 April 2019.

Kementerian melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menerbitkan Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) menurut ajuan dari dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya sehabis dilakukannya proses verifikasi dan validasi. Data yang dipakai sebagai dasar penerbitan SKTP yaitu Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Guru wajib memastikan bahwa data yang akan dikirimkan ke dapodik telah diinput atau diperbaiki oleh operator sekolah dengan benar.

SKTP diterbitkan sebanyak 2 tahap dalam satu tahun. SKTP Tahap 1 terbit dimulai pada bulan Maret pada tahun berkenaan, berlaku untuk pembayaran pertolongan profesi semester I pada bulan Januari hingga dengan bulan Juni, sebagai dasar pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan I dan II. Sedangkan SKTP tahap 2 terbit dimulai pada bulan September pada tahun berkenaan, berlaku untuk pembayaran pertolongan profesi semester II pada bulan Juli hingga dengan bulan Desember.

Penyaluran atau pencairan pertolongan profesi guru triwulan I (Januarai, Februari, dan Maret) tahun 2019, bila menyerupai tahun sebelumnya akan dilaksanakan paling cepat pada bulan Maret 2019 sehabis SKTP diterbitkan oleh Ditjen GTK Kemendikbud. Tunjangan sertifikasi guru ini disalurkan ke rekening guru setiap tiga bulan sekali melalui dana transfer daerah. Pembayaran pertolongan profesi Guru triwulan I paling lambat dibayarkan antara tanggal 9 hingga 16 April 2019.

Setelah terbit SKTP, Pemda provinsi/kabupaten/kota wajib membayarkan setiap triwulan Tunjangan Profesi, paling usang 7 hari kerja sehabis diterimanya dana Tunjangan Profesi di rekening kas umum kawasan (RKUD) provinsi/kabupaten/kota. Daftar ajuan akseptor Tunjangan Profesi yang merupakan lampiran Surat Perintah Membayar (SPM) dibentuk dengan memakai data dari SIM-Bar yang disediakan oleh Direktorat Jenderal GTK.

Aplikasi Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (Hadir GTK). Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dirancang untuk mempercepat proses pembayaran Tunjangan Profesi. Pencatatan kehadiran Guru dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi Hadir GTK yang terdapat pada laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id. Aplikasi Hadir GTK efektif berlaku pada tahun anutan 2018-2019. Di kawasan khusus yang sulit mendapat jaringan internet tidak diwajibkan untuk memakai Aplikasi Hadir GTK ini.

Kriteria Guru akseptor Tunjangan Profesi yaitu guru yang aktif mengajar mempunyai akta pendidik dan Nomor Registrasi Guru (NRG). Guru yang memenuhi beban kerja Guru sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta mempunyai nilai hasil evaluasi kinerja paling rendah dengan sebutan “Baik”. Guru mengajar di kelas sesuai rasio Guru dan siswa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Penyaluran Tunjangan Profesi bertujuan untuk memberi penghargaan kepada Guru, mengangkat martabat Guru, meningkatkan kompetensi Guru, memajukan profesi Guru, meningkatkan mutu pembelajaran, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu. Tunjangan profesi guru ini juga untuk membiayai pelaksanaan aktivitas pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mendukung pelaksanaan kiprah sebagai Guru Profesional.
Advertisement

Iklan Sidebar