'/> Instrumen & Formulir Evaluasi Kepala Sekolah Sd

Info Populer 2022

Instrumen & Formulir Evaluasi Kepala Sekolah Sd

Instrumen & Formulir Evaluasi Kepala Sekolah Sd
Instrumen & Formulir Evaluasi Kepala Sekolah Sd
 dan formulir penilaian kinerja Kepala Sekolah SD Instrumen & Formulir Penilaian Kepala Sekolah SD
Download instrumen  dan formulir penilaian kinerja Kepala Sekolah SD
Peranan kepala sekolah sangat penting bagi guru-guru dan murid-murid. Pada umumnya kepala sekolah mempunyai tanggung jawab sebagai pemimpin di bidang pengajaran, pengembangan kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen personalia staf, hubungan masyarakat, manajemen school plant, dan perlengkapan serta organisasi sekolah. Dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitar, kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan yang harus menaruh perhatian perihal apa yang terjadi pada penerima didik di sekolah dan apa yang dipikirkan orang bau tanah dan masyarakat perihal sekolah.

Kepala sekolah dituntut untuk senantiasa berusaha membina dan membuatkan hubungan kolaborasi yang baik antara sekolah dengan masyarakat guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien. Hubungan yang serasi ini akan membentuk saling pengertian antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan lembaga-lembaga, saling membantu antara sekolah dan masyarakat alasannya ialah mengetahui manfaat dan pentingnya peranan masing-masing, dan kolaborasi yang bersahabat antara sekolah dengan banyak sekali pihak yang ada di masyarakat dan mereka merasa ikut bertanggung jawab atas suksesnya pendidikan di sekolah.

Kepala sekolah juga tidak saja dituntut untuk melakukan banyak sekali tugasnya di sekolah, tetapi ia juga harus bisa menjalin hubungan kolaborasi dengan masyarakat dalam rangka membina pribadi penerima didik secara optimal. Kepala sekolah sanggup mendapatkan tanggung jawab tersebut, namun ia belum tentu mengerti dengan terang bagaimana ia sanggup menyumbang ke arah perbaikan aktivitas pengajaran. Cara kerja kepala sekolah dipengaruhi oleh kepribadiannya, persiapan dan pengalaman profesionalnya, serta ketetapan yang dibentuk oleh sekolah mengenai peranan kepala sekolah di bidang pengajaran.

Baca juga: Kepala Sekolah dan Pengawas Menentukan Hitam Putihnya Pendidikan

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia tentu tidak lepas dari kiprah dan kepemimpinan seorang kepala sekolah sebagai top leadernya. Melihat pentingnya fungsi kepemimpinan kepala sekolah, maka perjuangan untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi bukanlah pekerjaan mudah. Namun pada kenyataannya tidak sedikit kepala sekolah yang hanya berperan sebagai pimpinan formalitas dalam sebuah sistem alias hanya sekedar sebagai pemegang jabatan struktural sambil menunggu masa purna kiprah –jika dilarang menyebut sebagai orang-orang apatis yang kehabisan energi dan gairah hidup-.

Penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan secara terpola setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun. Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas sekolah. Penilaian kinerja empat tahunan dilaksanakan oleh atasan eksklusif dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah dari tempatnya bertugas. Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang. Berikut formulir penilian kinerja kepala sekolah SD:


Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dipakai mengevaluasi kinerja serta profesionalisme yang dimiliki oleh seorang Kepala Sekolah. Sebagaimana halnya dengan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam proses Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) juga dilaksanakan dengan memperhitungkan banyak faktor dan aspek penilaian. Dalam kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah ada banyak yang perlu disiapkan terutama dokumen-dokumen yang akan diperikasa pengawas diantaranya terdiri dari 6 komponen. Instrumen Penilaian Kinerja (PK) Kepala Sekolah sanggup didownload melalui link berikut ini:


Dalam peningkatan profesionalisme kepala sekolah ialah pengawas sekolah mempunyai kiprah penting yang merupakan pemimpin pendidikan yang tolong-menolong kepala sekolah mempunyai tanggung jawab terhadap perkembangan sekolah. Upaya peningkatan keprofesionalan kepala sekolah tidak akan terwujud begitu saja tanpa adanya motivasi dan adanya kesadaran dalam diri kepala sekolah tersebut serta semangat mengabdi. Tanpa adanya kesadaran dan motivasi semangat mengabdi, semua perjuangan yang dilakukan tidak akan memperlihatkan hasil maksimal dan realisasinya juga tidak akan optimal.
Advertisement

Iklan Sidebar