'/> Ruang Kelas Gres Untuk Sd Masih Perlu Ditambah

Info Populer 2022

Ruang Kelas Gres Untuk Sd Masih Perlu Ditambah

Ruang Kelas Gres Untuk Sd Masih Perlu Ditambah
Ruang Kelas Gres Untuk Sd Masih Perlu Ditambah
Kita masih membutuhkan ruang kelas untuk pembelajaran yang ideal.
Jumlah rombongan berguru (Rombel) tingkat SD (SD) menurut data dari Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) ada sebanyak 1.095.684 dengan ruang kelas sebanyak 975.951. Jelas kondisi tersebut tidak seimbang.

Baca juga: Alasan Program Dapodik Berlanjut Meski Dikecam

“Ini indikasi kita masih membutuhkan ruang kelas untuk pembelajaran yang ideal,” ungkap Yudistira, Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud (15/06/15).

Meski kekurangan ruang kelas, selama ini proses pembelajaran tetap berjalan. Sekolah membagi waktu pembelajaran dalam dua waktu yakni pagi dan siang. Ada juga sekolah yang menyekat satu ruang kelas untuk dua rombongan belajar.

Menurut Yudistira, menyerupai kutip dari dikdas.kemdikbud.go.id, pemenuhan atas kekurangan ruang kelas gres itu, seharusnya tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Pemda dan masyarakat juga harus terlibat.

Di sinilah tugas Komite Sekolah diperlukan dengan mendorong Pemerintah kawasan dan sekolah untuk bekerja sama memenuhi banyak sekali kebutuhan sarana dan prasarana sekolah. Komite Sekolah juga dapat menciptakan jadwal kolaborasi dengan perusahaan untuk memberikan Company Social Responsibility (CSR).
Advertisement

Iklan Sidebar