'/> Buku Guru Dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013

Info Populer 2022

Buku Guru Dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013

Buku Guru Dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013
Buku Guru Dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013
Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas  Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013
Download Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang SD dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika kelas 6 SD sesuai Kurikulum 2013 revisi terbaru menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Buku sebagai materi bimbing mata pelajaran Matematika kelas 6 SD pada Kurikulum 2013 (K13) terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Guru Matematika Kelas 6 disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan Buku Siswa Matematika Kelas 6 disusun berbasis kegiatan sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 (K13) di SD.

Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan (KI3) Matematika Kelas 6 SD

3.1 Menjelaskan bilangan bundar negatif (termasuk memakai garis bilangan)

3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif

3.3 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi

3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.

3.7 Menjelaskan bangkit ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangkit ruang, serta luas permukaan dan volumenya

3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk memilih nilai mana yang paling sempurna mewakili data

Sebelumnya, mata pelajaran Matematika ada pada buku Tematik Terpadu. Namun, kedalaman materinya terasa dangkal. Oleh alasannya yaitu itu, siswa tidak mendapat pemahaman konsep matematika secara mendalam. Dengan demikian, perlu dipakai buku Matematika secara terpisah. Matematika mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.

MATERI POKOK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 KURIKULUM 2013

1. Bilangan Bulat

A. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
B. Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat
C. Operasi Hitung Bilangan Bulat
D. Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat

2. Lingkaran

A. Hal-hal yang Berkaitan dengan Lingkaran
B. Keliling Lingkaran
C. Luas Lingkaran

3. Bangun Ruang

A. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
B. Luas Permukaan Bangun Ruang
C. Volume Ruang

4. Statistika

A. Modus (Data yang Sering Muncul)
B. Median (Data atau Nilai Tengah)
C. Mean (Nilai atau Data Rata-rata)
D. Nilai yang Tepat Mewakili Modus, Median dan Mean

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS 6

Kemendikbud memperlihatkan saluran kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik atau buku sekolah elektronik (BSE) untuk mempermudah proses berguru mengajar di sekolah. Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 sanggup didownload melalui tautan berikut:

Buku Guru Matematika Kelas 6 - Aku Senang Matematika
Buku Siswa Matematika Kelas 6 - Aku Senang Matematika

Tujuan disusunnya buku Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 yang disusun oleh banyak sekali pihak koordinasi dengan Kemendikbud ini yaitu untuk membantu guru biar sanggup memfasilitasi siswa berguru dan memahami materi matematika. Pendekatan yang dipakai memakai yaitu scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.

Beberapa aspek penting yang disampaikan dalam buku Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 yaitu adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Diharapkan siswa sanggup melaksanakan kegiatan ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.
Advertisement

Iklan Sidebar