'/> Aplikasi Kkm Sd K13 Revisi 2017 Dan Pemetaan Kd

Info Populer 2022

Aplikasi Kkm Sd K13 Revisi 2017 Dan Pemetaan Kd

Aplikasi Kkm Sd K13 Revisi 2017 Dan Pemetaan Kd
Aplikasi Kkm Sd K13 Revisi 2017 Dan Pemetaan Kd
Download Aplikasi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Pemetaan Kompetensi Dasar.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ditentukan dengan mempertimbangkan: Karakteristik penerima didik, Karakteristik Mata Pelajaran, Guru dan Daya dukung. Berikut ini merupakan teladan mekanisme penentuan KKM.

1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap muatan pelajaran setiap kelas dalam satu tahun pelajaran.

2. Tentukan komponen-komponen yang termasuk aspek kompleksitas, intake, pendidik dan daya dukung.

a. Komponen-komponen yang sanggup dimasukkan aspek kompleksitas, antara lain jumlah KD dan karakterististik KD muatan pelajaran (misalnya, tingkat kesulitan, kedalaman dan keluasan KD).

b. Komponen-komponen yang sanggup dimasukkan aspek intake, antara lain hasil observasi awal siswa, hasil berguru siswa dari tahun pelajaran sebelumnya, dan nilai hasil ujian sekolah dari tahun pelajaran sebelumnya.

c. Komponen-komponen yang sanggup dimasukkan aspek pendidik dan daya dukung, antara lain kompetensi pendidik (nilai UKG), rasio pendidik dan murid dalam satu kelas, legalisasi sekolah dan sarana prasarana sekolah.

3. Tentukan nilai untuk setiap aspek dengan skala 0-100 dengan mempertimbangkan hal berikut:

a. Karakteristik Mata/Muatan Pelajaran (Kompleksitas) Karaktersitik mata/muatan pelajaran memperhatikan kompleksitas KD dengan mencermati kata kerja yang terdapat pada KD tersebut dan menurut data empiris dari pengalaman guru dalam membelajarkan KD tersebut pada waktu sebelumnya. Semakin tinggi aspek kompleksitas materi/ kompetensi, semakin menantang guru untuk meningkatkan kompetensinya.

b. Karaktersitik Peserta Didik (Intake) Karakteristik penerima didik (intake) memperhatikan kualitas penerima didik yang sanggup diidentifikasi antara lain menurut hasil evaluasi awal penerima didik, dan nilai rapor sebelumnya. Semakin tinggi aspek intake, semakin tinggi pula nilai KKMnya.

c. Kondisi Satuan Pendidikan (Pendidik dan Daya Dukung) Aspek guru dan daya dukung antara lain memperhatikan ketersediaan guru, kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu, kompetensi guru (misalnya hasil Uji Kompetensi Guru), rasio jumlah penerima didik dalam satu kelas, sarana prasarana pembelajaran, santunan dana, dan kebijakan sekolah. Semakin tinggi aspek guru dan daya dukung, semakin tinggi pula nilai KKMnya.

Ada beberapa perubahan diantaranya dalam pembuatan KKM Kurikulum 2013 (K13), muatan dan mana dari KKM terendahlah akan diperoleh predekat yang alhasil akan masuk ke dalam raport. Tentu mungkin kita akan merasa terbebani dengan semua manajemen yang mungkin berbagai kita buat, namun di sini aku membagikan aplikasi Auto KKM  dan Pemetaan KD kelas 1 SD yang sanggup didownload melalui tautan berikut ini:


Semoga sanggup memperlancar pekerjaan kita semua. dengan sebuah aplikasi ini kita akan gampang menciptakan KKM secara otomatis tanpa melaksanakan penghitungan dalam pembuatan KKM Kurikulum 2013 (K13).

*) Ditulis oleh Hardi. Guru SDN Sumber Baru 2
Advertisement

Iklan Sidebar